Apartment Taman Anggrek: Apartemen Berkonsep Green Living yang Ada di Jakarta

Polusi udara merupakan permasalahan yang sering ditemukan di kota besar seperti Jakarta. Kondisinya pun semakin mengkhawatirkan karena jumlah kendaraan bermotor dan pembangunan pabrik yang meningkat setiap tahunnya.

Masalah polusi ini menjadikan kota Jakarta hanya sebagai tempat untuk bekerja. Sedangkan untuk tempat tinggal, banyak orang yang memilih daerah lain.

Bagi yang tidak punya pilihan lain, mereka harus memutar otak agar tetap nyaman tinggal di kota Jakarta yang penuh dengan polusi udara.

Green Living

Green living merupakan konsep gaya hidup sehat yang diterapkan oleh masyarakat demi terwujudnya hidup yang lebih baik. Konsep hunian green living banyak diterapkan di kota-kota besar seperti halnya Jakarta.

Apartemen di Jakarta banyak yang menerapkan konsep green living, termasuk Apartment Taman Anggrek. Kawasan apartemen yang terletak di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, telah mengusung konsep green living untuk mendukung kawasan hunian yang lebih sehat.

Konsep green living yang diterapkan di kawasan apartment Taman Anggrek diterjemahkan dalam bentuk area terbuka yang luas, area bersosialisasi, dan fasilitas umum.

Bagian Penting Apartemen dengan Konsep Green Living

Terdapat sejumlah bagian penting yang menunjukkan bahwa sebuah kawasan apartemen telah mengusung konsep green living. Berikut ulasan lebih lengkapnya.

Sistem Pengelolaan Air

Konsep green living yang coba dicetuskan oleh apartemen di Jakarta dimulai dengan menerapkan pengelolaan air yang baik. Pengendalian dan pengelolaan air yang baik menjadi bagian penting dalam konsep green living.

BACA JUGA  Mengetahui Estimasi Harga Tambah Freon AC  

Bagian ini menjadi bagian yang sangat penting dalam konsep hunian green living di kota rawan banjir seperti Jakarta. Pengendalian dan pengelolaan air yang tepat akan menghindarkan hunian dari bencana banjir.

Cara kerja sistem pengelolaan air sangat sederhana. Saat musim hujan tiba, sistem pengelolaan air akan melakukan 3R yakni Recycle, Reuse, dan Recharge air hujan tersebut.

Sistem Pengelolaan Sampah dan Limbah

Selain polusi, masalah sampah dan limbah menjadi permasalahan yang sering dijumpai di kota-kota besar, termasuk Jakarta. Berdasarkan Peraturan Gubernur Jakarta, pihak manajemen apartemen wajib mengelola limbah penghuni.

Limbah yang dihasilkan oleh penghuni apartemen harus diolah dan digunakan kembali. Dengan begitu, kawasan apartemen akan menekan jumlah kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh limbah rumah tangga penghuni apartemen.

Selain limbah, pengelolaan sampah harus menjadi perhatian. Pihak manajemen apartemen bisa memulai dengan menyeleksi sampah yang dihasilkan oleh penghuni. Sampah dibagi menjadi sampah yang daur ulang, plastik, organik, anorganik, dan lain sebagainya.

Penggunaan Material yang Ramah Lingkungan

Untuk mewujudkan konsep apartemen green living seperti Apartment Taman Anggrek, pengembang apartemen harus menggunakan material ramah lingkungan dalam pembangunan bangunan.

Pengembang apartemen bisa mulai menggunakan teknologi yang ramah lingkungan. Seperti teknologi beton pracetak, dimana beton dibuat dari struktur beton bertulang berkualitas tinggi.

Metode beton pracetak mampu menghemat 30 hingga 40 persen energi yang dibutuhkan untuk memproduksi batu bata.

Manfaat Tinggal di Apartemen dengan Konsep Green Living

Selain mengurangi tingkat polusi udara, apartemen dengan konsep green living juga memiliki sejumlah manfaat lain yang bisa dirasakan oleh para penghuninya. Berikut ulangan lengkapnya:

Kualitas Hidup Penghuni Apartemen yang Lebih Baik

Dengan konsep green living yang diusung membuat penghuni apartemen memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Kualitas hidup penghuni menjadi lebih sehat karena kualitas udara yang lebih bersih, sistem pencahayaan yang cukup, hingga tingkat kenyamanan apartemen yang lebih baik.

BACA JUGA  UNESCO Nilai Perawatan CANDI BOROBUDUR BELUM OPTIMAL

Biaya Pemeliharaan Apartemen yang Rendah

Secara finansial, konsep green living dari sebuah apartemen dapat memberikan sejumlah keuntungan. Anda bisa menghemat penggunaan energi dan mengurangi penggunaan sumber daya yang tidak bisa diperbarui.

Tanpa disadari, Anda bisa menghemat penggunaan listrik di siang hari karena sistem pencahayaan yang lebih baik. Anda juga menghemat penggunaan air dan pemeliharaan lainnya karena konsep green living yang diterapkan oleh pihak manajemen apartemen.

Tempat Tumbuh Kembang yang Lebih Baik

Apartemen dengan konsep green living pasti menunjang kawasannya dengan area terbuka yang luas seperti halnya Apartment Taman Anggrek.

Selain area terbuka, apartemen yang mengusung konsep green living juga melengkapi kawasannya dengan taman yang asri. Taman tersebut diperuntukan untuk kenyamanan, keasrian, sekaligus menyegarkan lingkungan sekitar apartemen.

Apartemen dengan konsep green living terasa lebih pas dipilih oleh masyarakat yang tinggal di kota besar seperti Jakarta. Dengan konsep yang diusung, apartemen lebih nyaman untuk ditinggali.

Tips Menciptakan Apartemen Green Living

Untuk menciptakan hunian apartemen yang lebih hijau atau green living, Anda bisa melakukan sejumlah hal seperti;

  • Menempatkan tanaman indoor di salah satu sudut apartemen. Pilih tanaman yang mudah perawatannya dan berumur panjang.
  • Menghiasi apartemen dengan hiasan dinding bertemakan daun atau wallpaper bermotif tropis.
  • Memilih perabot dengan material kayu agar apartemen terkesan lebih hangat.

Bagi Anda yang tertarik dengan konsep apartemen green living di kawasan Jakarta, Anda bisa memilih Apartment Taman Anggrek.