Buat Surat Keterangan Sakit Terpercaya untuk Absen di Kantor atau Sekolah

Hello Sobat SinarNarasi! Apa kabar hari ini? Semoga kalian selalu sehat dan bugar ya. Namun, tak ada yang bisa memprediksi kapan sakit akan menyerang kita. Apalagi, saat kita harus bekerja atau belajar di kantor atau sekolah. Nah, untuk menghindari terjadinya absen tanpa alasan yang jelas, yuk belajar membuat surat keterangan sakit terpercaya yang bisa kamu gunakan sebagai bukti. Berikut adalah panduan lengkapnya.

Mendapatkan Surat Keterangan Sakit dari Dokter

Pertama-tama, kamu harus pergi ke dokter untuk mendapatkan surat keterangan sakit. Pastikan dokter yang kamu kunjungi adalah dokter umum atau spesialis di bidang penyakit yang kamu derita. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk mengetahui kondisi kesehatan kamu secara menyeluruh. Jangan lupa untuk membawa kartu identitas dan buku medis kamu sebagai bahan referensi dokter.

Setelah pemeriksaan selesai, dokter akan memberikan surat keterangan sakit yang berisi informasi tentang kondisi kesehatan kamu. Surat ini harus mencakup tanggal kedatangan kamu ke dokter, tanggal kembali ke kantor atau sekolah, serta diagnosa dan tindakan medis yang diberikan dokter. Pastikan surat keterangan sakit ini ditandatangani dan dibubuhi cap dokter.

Menulis Surat Keterangan Sakit dengan Benar

Setelah mendapatkan surat keterangan sakit dari dokter, langkah selanjutnya adalah menulis surat keterangan sakit yang bisa digunakan sebagai bukti untuk absen di kantor atau sekolah. Hindari menyalin surat keterangan sakit dari dokter secara langsung. Kamu harus menulis surat keterangan sakit dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Sertakan juga detail informasi tentang kondisi kesehatan kamu, termasuk tanggal kedatangan ke dokter dan tanggal kembali ke kantor atau sekolah.

Surat keterangan sakit harus ditulis dengan format yang benar. Mulailah dengan menyebutkan nama atasan atau kepala sekolah yang akan menerima surat ini, lalu sertakan alamat lengkap kantor atau sekolah, serta tanggal dan nomor surat keterangan sakit. Jangan lupa, cantumkan juga nama lengkap kamu dan alamat rumah kamu. Tuliskan isi surat dengan jelas dan singkat. Hindari menggunakan bahasa yang negatif atau emosional. Akhiri surat dengan ucapan terima kasih.

Contoh Surat Keterangan Sakit

Berikut adalah contoh surat keterangan sakit yang bisa kamu gunakan sebagai referensi:

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Kepala Sekolah

SD/SLTP/SLTA Nama Sekolah

Alamat Sekolah

No. Telepon Sekolah

Surabaya

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dalam rangka meminta izin untuk tidak hadir di sekolah, dengan ini saya menyampaikan bahwa saya sedang sakit dan membutuhkan waktu untuk beristirahat. Saya telah berkonsultasi dengan dokter dan diberikan surat keterangan sakit.

Berikut adalah detail surat keterangan sakit tersebut:

Tanggal kedatangan ke dokter: 1 Agustus 2021

Tanggal kembali ke sekolah: 6 Agustus 2021

Diagnosa: flu berat

Tindakan medis: diberikan obat flu dan disarankan istirahat total selama 5 hari

Saya berharap Bapak/Ibu Kepala Sekolah dapat memberikan izin dan pengertian atas keadaan saya. Terima kasih banyak atas perhatian dan kerjasamanya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Nama Lengkap:

Alamat:

Menggunakan Surat Keterangan Sakit dengan Bijak

Saat kamu sudah memiliki surat keterangan sakit, jangan gunakan surat ini untuk kepentingan yang tidak jelas. Ingat, surat keterangan sakit adalah bukti yang bisa digunakan sebagai dasar untuk mengajukan izin absen. Jangan pernah menyalahgunakan surat keterangan sakit dengan membuat surat palsu atau mengedit isi surat keterangan sakit secara sembarangan, karena ini bisa berdampak buruk bagi karir atau pendidikan kamu di kemudian hari.

Kesimpulan

Membuat surat keterangan sakit memanglah mudah, tapi kamu harus memperhatikan beberapa hal agar tidak merugikan diri sendiri. Pastikan kamu mendapatkan surat keterangan sakit dari dokter yang terpercaya. Tulislah surat keterangan sakit dengan bahasa yang jelas dan format yang sesuai, serta gunakan surat keterangan sakit dengan bijak. Dengan begitu, kamu bisa dengan tenang beristirahat di rumah dan tidak perlu khawatir tentang konsekuensi absen tanpa alasan yang jelas.

Nah, Sobat SinarNarasi, itulah panduan lengkap tentang cara membuat surat keterangan sakit. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dan jangan lupa share ke teman-teman yang membutuhkan. Terima kasih telah membaca artikel ini. Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya!