Cara Bikin Surat Online

Hello Sobat SinarNarasi! Apakah kamu pernah merasa repot untuk membuat surat lamaran atau surat resmi lainnya? Tentunya, apalagi di masa pandemi seperti sekarang, membuat surat secara online menjadi pilihan yang lebih mudah dan cepat. Nah, kali ini kita akan membahas cara bikin surat online dengan mudah. Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Persiapkan Alat dan Bahan

Sebelum mulai membuat surat online, pastikan kamu sudah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Pertama, pastikan kamu memiliki koneksi internet yang stabil. Kemudian, kamu juga memerlukan perangkat komputer atau laptop dan aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word atau Google Docs. Jangan lupa, siapkan juga data-data yang dibutuhkan untuk mengisi surat, seperti alamat, nomor telepon, dan lain sebagainya.

Buka Aplikasi Pengolah Kata

Setelah semua alat dan bahan sudah siap, buka aplikasi pengolah kata yang kamu miliki di komputer atau laptop. Kamu bisa menggunakan Microsoft Word atau Google Docs. Jika kamu tidak memiliki aplikasi pengolah kata, kamu bisa menggunakan aplikasi gratis seperti OpenOffice atau LibreOffice.

Pilih Template Surat

Setelah aplikasi pengolah kata terbuka, pilihlah template surat yang kamu inginkan. Kamu bisa memilih berbagai jenis template surat yang sudah disediakan oleh aplikasi pengolah kata. Pilihlah template yang sesuai dengan jenis surat yang akan kamu buat, apakah itu surat lamaran kerja, surat izin, atau surat resmi lainnya.

Atur Format Surat

Setelah memilih template surat, aturlah format surat yang kamu inginkan. Pastikan format surat tersebut sudah sesuai dengan kaidah penulisan surat yang berlaku. Misalnya, letakkan header dan footer pada posisi yang tepat, gunakan font dan ukuran huruf yang sesuai, serta jangan lupa sertakan logo atau tanda tangan jika diperlukan.

Isi Surat

Setelah format surat sudah disiapkan, saatnya mengisi surat dengan data-data yang diperlukan. Pastikan data yang kamu masukkan sudah sesuai dan lengkap. Jangan lupa, gunakan bahasa yang sopan dan jelas agar pesan yang ingin disampaikan dapat dipahami dengan baik oleh pihak yang dituju.

Periksa Kembali Surat

Setelah semua isi surat sudah selesai, jangan langsung mengirimkannya. Periksa kembali surat tersebut untuk memastikan tidak ada kesalahan penulisan atau data yang kurang lengkap. Pastikan juga format surat sudah sesuai dengan kaidah penulisan surat yang berlaku.

Simpan dan Kirim Surat

Jika semua sudah diperiksa dan sudah benar, simpanlah surat tersebut dengan format yang tepat. Kamu bisa menyimpannya dengan format .docx atau .pdf. Setelah itu, kirim surat tersebut melalui email atau platform online lainnya sesuai dengan tujuan surat yang kamu buat.

Gunakan Aplikasi Pembuat Surat Online

Selain menggunakan aplikasi pengolah kata, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pembuat surat online. Aplikasi ini memberikan kemudahan bagi kamu yang tidak terbiasa dengan penggunaan aplikasi pengolah kata atau ingin membuat surat dengan cepat. Kamu hanya perlu mengisi data yang diperlukan, memilih template surat yang diinginkan, dan aplikasi akan membuatkan surat secara otomatis.

Contoh Aplikasi Pembuat Surat Online

Berikut ini adalah contoh aplikasi pembuat surat online yang bisa kamu gunakan:

  1. Canva: Aplikasi ini bukan hanya untuk membuat desain grafis, tetapi juga bisa digunakan untuk membuat surat dengan berbagai jenis template yang menarik.
  2. Surat.id: Aplikasi ini memudahkan kamu untuk membuat surat dengan cepat dan mudah. Kamu hanya perlu mengisi data dan memilih template yang sesuai.
  3. Surat Online: Aplikasi ini menyediakan berbagai jenis surat yang bisa kamu buat, seperti surat izin, surat keterangan, surat lamaran, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Nah, itulah cara bikin surat online yang bisa kamu coba sendiri. Dalam membuat surat online, pastikan kamu sudah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan, memilih template surat yang sesuai, mengatur format surat dengan benar, mengisi surat dengan data yang lengkap dan jelas, serta memeriksa kembali surat sebelum dikirimkan. Jangan lupa, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pembuat surat online untuk membuat surat dengan lebih mudah dan cepat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Selamat mencoba!