Cara Buat Surat Jalan Barang yang Mudah dan Efektif

Kenapa Surat Jalan Barang Penting untuk Bisnis Anda?

Hello Sobat SinarNarasi! Apakah Anda sedang mencari informasi tentang cara membuat surat jalan barang? Jika iya, maka artikel ini cocok untuk Anda. Surat jalan barang merupakan dokumen penting yang dibutuhkan oleh setiap bisnis yang mengirimkan barang ke pelanggan atau supplier.Surat jalan barang berisi informasi tentang barang yang dikirimkan, jumlah barang, alamat pengiriman, dan berbagai informasi penting lainnya. Dokumen ini juga digunakan sebagai bukti pengiriman dan sangat diperlukan dalam proses logistik.

Langkah-langkah Membuat Surat Jalan Barang

Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk membuat surat jalan barang yang efektif:

1. Tentukan format surat jalan barang yang sesuai dengan bisnis Anda

Surat jalan barang dapat dibuat dengan berbagai format. Anda bisa membuatnya secara manual menggunakan kertas kosong atau membuatnya menggunakan software yang tersedia. Pastikan format surat jalan barang yang Anda pilih sesuai dengan bisnis Anda.

2. Isi informasi tentang barang yang akan dikirimkan

Informasi yang harus diisi dalam surat jalan barang adalah kode barang, nama barang, jumlah barang, dan berat barang. Pastikan informasi tersebut benar dan akurat agar proses logistik berjalan dengan lancar.

3. Isi informasi tentang penerima barang

Isi informasi tentang penerima barang seperti nama penerima, alamat penerima, nomor telepon, dan informasi lain yang diperlukan. Pastikan informasi tersebut benar dan lengkap agar barang dapat sampai ke tujuan dengan tepat waktu.

4. Tambahkan informasi tentang pengirim

Tambahkan informasi tentang pengirim seperti nama pengirim, alamat pengirim, nomor telepon, dan informasi lain yang diperlukan.

5. Tambahkan catatan khusus

Tambahkan catatan khusus jika diperlukan. Misalnya, jika barang harus dikirim dalam waktu tertentu, tambahkan catatan tentang hal tersebut.

6. Tandatangani surat jalan barang

Pastikan Anda menandatangani surat jalan barang sebagai tanda persetujuan terhadap informasi yang tertera pada dokumen tersebut.

7. Simpan salinan surat jalan barang

Simpan salinan surat jalan barang sebagai bukti pengiriman dan pastikan Anda dapat mengaksesnya jika diperlukan di kemudian hari.

Contoh Surat Jalan Barang

Berikut adalah contoh surat jalan barang yang efektif:

No. Surat Jalan: SJ/001/2021

Tanggal: 24 Februari 2021

Kepada:

Nama Penerima Barang: Budi Santoso

Alamat: Jl. Raya Bogor No. 12, Jakarta Timur

No. Telp: 08123456789

Dikirim Oleh:

Nama Pengirim: PT SinarNarasi

Alamat: Jl. Raya Tangerang No. 10, Tangerang

No. Telp: 08123456789

Daftar Barang:

1. Kemeja Putih – 20 pcs

2. Celana Hitam – 30 pcs

3. Sepatu Hitam – 10 pcs

Catatan Khusus: Harap dikirimkan dalam waktu 2 hari

Penanggung Jawab: Ahmad

Tanda Tangan:

Kesimpulan

Membuat surat jalan barang adalah hal yang sangat penting untuk keberhasilan bisnis Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat surat jalan barang yang efektif dan membantu meningkatkan efisiensi proses logistik. Pastikan Anda selalu menjaga keakuratan informasi dalam surat jalan barang dan menyimpan salinan dokumen tersebut sebagai bukti pengiriman. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!