Cara Buat Surat Pengunduran Diri dari Kerja yang Benar dan Baik

Hello Sobat SinarNarasi! Apakah kamu sedang mencari informasi tentang bagaimana cara membuat surat pengunduran diri dari kerja? Jangan khawatir, di artikel ini kita akan membahasnya secara lengkap. Sebelum itu, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu surat pengunduran diri dari kerja.

Apa itu Surat Pengunduran Diri dari Kerja?

Surat pengunduran diri dari kerja adalah sebuah tindakan dimana seseorang memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan yang sedang dijalaninya. Alasan pengunduran diri ini bisa bermacam-macam, mungkin karena ingin mencari pekerjaan yang lebih baik, ingin fokus pada bisnis sendiri, atau mengikuti karir di perusahaan lain.Namun, sebelum kamu mengirimkan surat pengunduran diri, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan persiapkan terlebih dahulu. Berikut tahapan-tahapan cara membuat surat pengunduran diri dari kerja yang benar dan baik.

1. Rencanakan Waktunya

Sebelum kamu mengambil keputusan untuk mengundurkan diri, sebaiknya kamu sudah merencanakan waktunya. Jangan memutuskan secara spontan atau terburu-buru karena ini bisa merugikan diri sendiri.Pastikan kamu memberikan waktu yang cukup untuk mempersiapkan diri sebelum benar-benar berhenti dari pekerjaan. Jika perlu, bicarakan juga dengan pihak HRD atau atasanmu tentang jadwal pengunduran diri dan tugas-tugas yang masih harus diselesaikan.

2. Buatlah Surat Pengunduran Diri yang Formal

Saat membuat surat pengunduran diri, pastikan kamu membuatnya secara formal dan profesional. Gunakan bahasa yang sopan dan jelas dalam menyampaikan maksud dan alasanmu untuk berhenti dari pekerjaan.Sertakan juga informasi penting seperti nama lengkap, jabatan, tanggal pengunduran diri, dan alamat email atau nomor telepon yang bisa dihubungi.

3. Sampaikan Alasan dengan Jujur

Saat menyampaikan alasanmu untuk berhenti dari pekerjaan, pastikan kamu berbicara dengan jujur dan terbuka. Jangan menyembunyikan alasanmu dengan berbohong atau mengada-ada.Sampaikan alasanmu dengan jelas dan singkat, tapi tetap sopan dan tidak menimbulkan kesalahpahaman. Ingat, kamu akan meninggalkan jejak di perusahaan tersebut, jadi pastikan kamu meninggalkannya dengan kesan yang baik.

4. Berikan Ucapan Terima Kasih

Saat mengajukan surat pengunduran diri, jangan lupa untuk memberikan ucapan terima kasih kepada perusahaan dan atasanmu. Bukan hanya sopan, ucapan terima kasih juga bisa menjadi peluang untuk meninggalkan kesan yang baik sekaligus menjalin hubungan yang baik di masa depan.

5. Tetap Profesional dan Hormati Atasanmu

Saat mengumumkan pengunduran dirimu, pastikan kamu tetap menjaga sikap profesional dan hormati atasanmu. Jangan sampai kamu memperlihatkan sikap yang kurang sopan atau terkesan sombong.Jika memungkinkan, coba bicarakan secara langsung dengan atasanmu dan beritahu secara jujur alasanmu ingin berhenti. Jangan memperlihatkan perasaan kesal atau tidak puas karena bisa memicu konflik di masa depan.

6. Berikan Waktu yang Cukup untuk Pihak Perusahaan

Setelah kamu mengirimkan surat pengunduran diri, berikan waktu yang cukup untuk pihak perusahaan untuk mengatur jadwalmu dan mencari pengganti. Jangan memaksakan diri untuk segera berhenti dari pekerjaan karena ini bisa merugikanmu di masa depan.Saat menunggu, pastikan kamu masih menjalankan tugas dan tanggung jawabmu dengan baik. Jangan sampai kamu menimbulkan masalah baru atau memperparah situasi yang sudah ada.

7. Jaga Hubungan Baik dengan Mantan Atasan dan Teman Kerjamu

Meskipun kamu telah berhenti dari pekerjaan, jangan sampai kamu melupakan hubunganmu dengan mantan atasan dan teman kerjamu. Jaga hubungan baik dengan mereka dan tetap terhubung.Siapa tahu suatu saat kamu membutuhkan bantuan atau rekomendasi dari mereka. Selain itu, menjalin hubungan yang baik juga bisa membuka peluang kerja atau bisnis baru di masa depan.

Kesimpulan

Itulah beberapa tahapan yang perlu kamu persiapkan saat membuat surat pengunduran diri dari kerja. Selain itu, pastikan kamu tetap menjaga profesionalisme dan sopan santun dalam setiap tindakanmu.Jangan lupa juga untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum benar-benar mengundurkan diri. Selamat mencoba dan semoga berhasil!