Cara Buat Surat Pengunduran Diri dari PT

Pengantar

Hello Sobat SinarNarasi! Bagi Anda yang sedang bekerja di sebuah perusahaan atau PT, pasti pernah merasakan keinginan untuk keluar dari perusahaan tersebut. Meskipun terkadang sulit, keputusan untuk keluar dari pekerjaan bisa jadi merupakan pilihan terbaik untuk karier Anda. Tetapi, keluar dari PT bukanlah hal yang mudah. Selain mempersiapkan mental, Anda juga harus membuat surat pengunduran diri. Nah, artikel ini akan membahas cara membuat surat pengunduran diri dari PT agar Anda dapat keluar dengan tepat dan profesional.

Persiapkan Masa Depan Karier Anda

Sebelum membuat surat pengunduran diri, pertimbangkan dulu apa yang ingin Anda lakukan setelah keluar dari PT. Apakah Anda akan mencari pekerjaan baru atau mengambil jalan karier yang berbeda? Pertimbangan ini tidak hanya akan membantu Anda dalam menentukan keputusan, tetapi juga menyiapkan mental Anda untuk masa depan.

Jelaskan Alasan Anda Mengundurkan Diri

Pada paragraf ini, jelaskan alasan Anda mengundurkan diri secara jelas dan singkat. Sampaikan dengan sopan dan jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada Anda.

Mungkin alasan Anda mengundurkan diri karena ingin mencari pengalaman baru atau ingin fokus pada pendidikan. Jangan ragu untuk menyampaikan alasan tersebut agar perusahaan juga bisa memahami keputusan Anda.

Buat Surat Resmi dengan Format yang Tepat

Surat pengunduran diri harus dibuat secara resmi dengan format yang tepat. Di sini, Anda bisa mencari referensi dari contoh surat pengunduran diri yang sudah ada di internet atau meminta bantuan dari teman atau kerabat yang berpengalaman.Format surat pengunduran diri biasanya terdiri dari tanggal, nama perusahaan, alamat perusahaan, subjek, dan isi surat. Jangan lupa untuk menambahkan tanda tangan dan nama lengkap Anda di bagian bawah surat.

Jangan Lupa Memberi Tahu Atasan Anda

Setelah surat pengunduran diri Anda sudah selesai, jangan lupa untuk memberitahu atasan Anda secara langsung. Anda bisa mengatur waktu untuk bertemu dengan atasan dan menyampaikan keputusan Anda secara langsung.Memberitahu atasan secara langsung akan memberikan kesan positif bahwa Anda menghargai perusahaan dan atasan Anda. Selain itu, atasan juga bisa memberikan masukan atau saran yang berguna untuk karier Anda selanjutnya.

Selesaikan Tugas dan Tanggung Jawab Anda dengan Baik

Setelah memberitahu atasan, pastikan Anda menyelesaikan semua tugas dan tanggung jawab Anda dengan baik. Ini merupakan tindakan profesional yang akan meninggalkan kesan baik dan membuat karyawan lain di perusahaan juga menghargai Anda.Selesaikan proyek-proyek yang masih dalam proses, berikan informasi penting kepada rekan kerja, dan pastikan tidak meninggalkan pekerjaan tanpa penyelesaian yang memadai.

Pertimbangkan Waktu Pemberitahuan

Saat menyampaikan keputusan Anda kepada atasan, pertimbangkan juga waktu yang tepat. Cobalah untuk tidak memberitahu atasan pada saat perusahaan sedang menghadapi situasi sulit atau saat ada proyek yang sedang berjalan dengan deadline yang ketat.Berikan atasan Anda waktu yang cukup untuk mempersiapkan diri menjawab atau mengganti posisi Anda. Jika perlu, diskusikan juga tentang waktu yang tepat untuk Anda meninggalkan perusahaan.

Jangan Hentikan Networking Anda

Meskipun Anda sudah memutuskan untuk keluar dari perusahaan, jangan hentikan proses networking Anda. Jaga hubungan baik dengan rekan kerja dan atasan Anda serta jangan ragu untuk bertanya tentang kemungkinan peluang kerja di masa depan.Networking yang baik akan membantu karier Anda di masa depan, terutama jika Anda ingin mencari pekerjaan baru di industri yang sama.

Berikan Surat Pengunduran Diri dengan Waktu yang Cukup

Setelah surat pengunduran diri sudah selesai, berikan surat tersebut dengan waktu yang cukup. Beri perusahaan waktu untuk menyiapkan pengganti Anda dan mempertimbangkan keputusan Anda.Memberikan surat pengunduran diri dengan waktu yang singkat malah akan membuat perusahaan merasa terburu-buru dan tidak menghargai kepergian Anda.

Konsultasi dengan HRD atau Konsultan

Jika Anda masih bingung tentang proses pengunduran diri, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan HRD atau konsultan. Mereka akan membantu Anda memahami lebih jelas tentang proses dan memberikan saran yang berguna.Konsultasi juga bisa membantu Anda mempersiapkan diri secara mental dan profesional sebelum memutuskan untuk keluar dari perusahaan.

Jangan Berhenti Belajar dan Menambah Skill

Meskipun Anda sudah memutuskan untuk keluar dari perusahaan, jangan berhenti belajar dan menambah skill. Teruslah mengembangkan diri Anda dengan mengikuti seminar, kursus, atau training yang berguna untuk karier Anda.Menambah skill dan pengalaman akan membantu Anda mendapatkan pekerjaan baru di masa depan dan meningkatkan peluang karier Anda di industri yang sama.

Cobalah Untuk Menjaga Hubungan Baik dengan Mantan Atasan dan Rekan Kerja

Setelah keluar dari perusahaan, cobalah untuk menjaga hubungan baik dengan mantan atasan dan rekan kerja. Teruslah mengikuti perkembangan perusahaan dan jangan ragu untuk memberikan masukan atau saran yang berguna.Menjaga hubungan baik dengan mantan atasan dan rekan kerja juga bisa memberikan kesempatan networking yang baik di masa depan. Siapa tahu, mereka bisa membantu Anda mendapatkan pekerjaan baru atau memberikan peluang karier yang lebih baik di masa depan.

Jangan Lupa untuk Pergi dengan Kepala Terangkat Tinggi

Saat akhirnya Anda memutuskan untuk keluar dari perusahaan, jangan lupa untuk pergi dengan kepala terangkat tinggi. Berterima kasih kepada perusahaan dan atasan Anda serta jangan lupa untuk memberikan feedback yang konstruktif terhadap perusahaan.Menjadi karyawan yang profesional dan bertanggung jawab akan meninggalkan kesan positif di perusahaan dan meningkatkan peluang karier Anda di masa depan.

Jangan Menutup Peluang untuk Kembali

Terakhir, jangan menutup peluang untuk kembali ke perusahaan. Jika di masa depan Anda merasa ingin bergabung kembali dengan perusahaan atau PT, jangan ragu untuk mengajukan kembali lamaran Anda.Menjadi karyawan yang profesional dan memiliki hubungan baik dengan mantan atasan dan rekan kerja akan meningkatkan peluang Anda untuk kembali ke perusahaan di masa depan.

Kesimpulan

Membuat surat pengunduran diri dari PT bukanlah hal yang mudah. Namun, dengan mempersiapkan diri secara matang dan profesional, Anda dapat keluar dari perusahaan dengan baik dan meninggalkan kesan positif. Jangan lupa untuk menjaga hubungan baik dengan mantan atasan dan rekan kerja serta teruslah mengembangkan diri untuk meningkatkan peluang karier Anda di masa depan.