Cara Buat Surat Pengunduran Diri Kerja

Surat Pengunduran Diri, Mengapa Perlu?

Hello Sobat SinarNarasi! Terkadang dalam kehidupan karir, kita dihadapkan pada situasi di mana kita harus mengambil keputusan untuk berhenti dari pekerjaan. Alasan bisa bermacam-macam, mulai dari ingin mencari pengalaman baru, mencari gaji yang lebih baik, atau bahkan ingin memulai usaha sendiri. Tidak peduli apa alasannya, membuat surat pengunduran diri adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Surat pengunduran diri digunakan sebagai bukti tertulis bahwa kamu benar-benar berhenti dari pekerjaanmu dan memperlihatkan profesionalisme terhadap perusahaanmu serta rekan kerjamu.

Langkah-langkah Membuat Surat Pengunduran Diri Kerja

Sebelum membuat surat pengunduran diri, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Pertama, pastikan bahwa kamu sudah memutuskan untuk berhenti dari pekerjaanmu. Kedua, pastikan bahwa kamu sudah memberikan tahu pengelola atau atasanmu terlebih dahulu tentang keputusanmu tersebut. Ketiga, pastikan bahwa kamu sudah menyelesaikan semua tugasmu dan memberikan laporan terakhir pada atasanmu.Setelah mempertimbangkan hal-hal tersebut, kamu bisa memulai langkah-langkah membuat surat pengunduran diri sebagai berikut:

1. Tentukan format surat pengunduran diri

Pertama-tama, tentukan format surat pengunduran dirimu. Kamu bisa mencari referensi dari beberapa website atau bahkan meminta contoh surat pengunduran diri dari teman atau kerabat yang pernah mengalami hal yang sama. Pastikan bahwa format surat pengunduran dirimu sesuai dengan kebutuhan perusahaanmu.

2. Tuliskan alasan kamu berhenti

Tuliskan alasan kamu berhenti dari pekerjaanmu dengan jelas dan singkat di dalam surat pengunduran dirimu. Jangan lupa untuk menyampaikan rasa terima kasihmu kepada perusahaanmu dan rekan kerjamu atas kesempatan yang telah diberikan kepadamu.

3. Tentukan tanggal terakhir kamu bekerja

Tentukan tanggal terakhir kamu bekerja di perusahaanmu. Pastikan bahwa kamu memberikan waktu yang cukup bagi perusahaanmu untuk mencari penggantimu atau menyelesaikan tugas-tugasmu sebelum kamu benar-benar berhenti dari pekerjaanmu.

4. Sampaikan harapanmu

Sampaikan harapanmu untuk perusahaanmu dan rekan kerjamu di dalam surat pengunduran dirimu. Misalnya, kamu berharap agar perusahaanmu terus berkembang dan sukses, atau kamu berharap bisa tetap menjalin hubungan baik dengan rekan kerjamu di masa depan.

5. Tandatangani surat pengunduran dirimu

Setelah selesai menulis surat pengunduran dirimu, jangan lupa untuk menandatanganinya. Pastikan bahwa tanda tanganmu sesuai dengan yang tercantum di dalam dokumen-dokumen resmi seperti KTP atau paspormu.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Berikut ini adalah contoh surat pengunduran diri kerja sebagai referensi untukmu:[Alamatmu][Tanggal]Kepada Yth.[Atasanmu][Posisi Atasanmu][Perusahaanmu][Alamat Perusahaanmu]Dengan hormat,Saya yang bertanda tangan di bawah ini,Nama: [Nama Lengkapmu]Posisi: [Posisimu di Perusahaanmu]Dalam surat ini, saya ingin menyampaikan bahwa saya mengundurkan diri dari posisi saya sebagai [Posisimu di Perusahaanmu]. Saya memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan saya ini karena [Alasanmu Berhenti].Saya sangat menghargai kesempatan yang telah diberikan oleh [Perusahaanmu] untuk bekerja di perusahaan ini. Saya juga sangat bersyukur atas pengalaman dan pengetahuan yang saya dapatkan selama bekerja di perusahaan ini.Saya akan bekerja sampai dengan [Tanggal Terakhirmu Bekerja di Perusahaanmu] dan siap membantu dalam proses transisi agar pekerjaan saya dapat dilanjutkan oleh pengganti saya. Saya berharap agar perusahaanmu tetap berkembang dan sukses di masa depan.Terima kasih atas kerjasama dan dukunganmu selama ini.Hormat saya,[Nama Lengkapmu]

Kesimpulan

Membuat surat pengunduran diri kerja bukanlah hal yang sulit, asalkan kamu sudah mempertimbangkan hal-hal yang perlu dipertimbangkan dan mengikuti langkah-langkah yang tepat. Pastikan bahwa surat pengunduran dirimu sesuai dengan format yang dibutuhkan oleh perusahaanmu dan sampaikan alasanmu berhenti dengan jelas dan singkat. Jangan lupa untuk menyampaikan rasa terima kasih dan harapanmu untuk perusahaanmu dan rekan kerjamu di masa depan. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu, Sobat SinarNarasi!