Cara Membuat Surat Daftar Riwayat Hidup

Hello Sobat Sinarnarasi, apakah kamu sedang mencari cara membuat surat daftar riwayat hidup yang baik dan menarik perhatian? Surat daftar riwayat hidup atau sering disebut dengan CV (Curriculum Vitae) merupakan dokumen yang sangat penting dalam mencari pekerjaan. CV yang baik dan menarik dapat meningkatkan peluang kamu untuk diterima di perusahaan yang kamu lamar. Berikut adalah beberapa tips tentang cara membuat surat daftar riwayat hidup yang baik dan menarik.

1. Pilih Format CV yang Sesuai

Pada umumnya, ada 2 jenis format CV, yaitu format kronologis dan format fungsional. Format kronologis biasanya digunakan untuk orang yang memiliki pengalaman kerja yang cukup lama dan teratur. Sedangkan format fungsional biasanya digunakan untuk orang yang belum memiliki pengalaman kerja yang banyak atau ingin berpindah karier. Pilih format yang sesuai dengan kondisi kamu.

2. Pilih Font yang Sesuai

Font yang digunakan pada CV juga sangat penting. Pilih font yang mudah dibaca dan tidak terlalu kecil. Beberapa font yang cocok untuk digunakan pada CV antara lain Arial, Times New Roman, dan Calibri.

3. Buat Ringkasan Pribadi yang Menarik

Ringkasan pribadi (Personal Summary) merupakan bagian yang sangat penting pada CV. Pada bagian ini kamu dapat menjelaskan tentang diri kamu secara singkat dan menarik. Buat ringkasan pribadi yang dapat membuat pembaca tertarik untuk membaca CV kamu lebih lanjut.

4. Jelaskan Pendidikan dan Pengalaman Kerja dengan Jelas

Pada bagian ini, kamu harus menjelaskan tentang pendidikan dan pengalaman kerja kamu dengan jelas. Jangan lupa untuk mencantumkan tahun dan nama institusi/ perusahaan. Sebaiknya tulis pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang kamu lamar.

5. Cantumkan Keahlian yang Dimiliki

Cantumkan keahlian-keahlian yang kamu miliki dan relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Sebaiknya cantumkan keahlian yang spesifik dan dapat membantu kamu dalam pekerjaan nanti.

6. Sertakan Referensi

Sertakan referensi yang dapat memberi rekomendasi tentang kemampuan kamu. Referensi yang biasa digunakan antara lain dosen, atasan di tempat kerja sebelumnya, atau rekan kerja.

7. Gunakan Bahasa yang Baik dan Benar

Pastikan CV kamu menggunakan bahasa yang baik dan benar. Hindari penggunaan bahasa yang sulit dipahami dan jangan lupa untuk memeriksa tata bahasa dan ejaan.

8. Gunakan Tabel atau Grafik

Gunakan tabel atau grafik untuk memudahkan pembaca dalam melihat informasi-informasi penting pada CV kamu. Namun, pastikan tabel atau grafik yang kamu gunakan tidak terlalu rumit dan mudah dipahami.

9. Gunakan Bullet Points

Gunakan bullet points untuk memudahkan pembaca dalam melihat informasi penting pada CV kamu. Hindari penggunaan paragraf yang terlalu panjang dan sulit dipahami.

10. Jangan Melebih-lebihkan Kemampuan

Jangan melebih-lebihkan kemampuan yang kamu miliki pada CV. Sebaiknya tulis kemampuan yang kamu miliki dengan jujur dan sesuai dengan kenyataan.

11. Gunakan Kata Kerja yang Efektif

Pada bagian pengalaman kerja, gunakan kata kerja yang efektif untuk menjelaskan pekerjaan yang kamu lakukan. Beberapa contoh kata kerja yang efektif antara lain mengembangkan, meningkatkan, dan memimpin.

12. Buat CV yang Singkat dan Padat

Pastikan CV kamu tidak terlalu panjang dan melebihi 2 halaman. Buat CV yang singkat dan padat dengan informasi-informasi yang relevan.

13. Sertakan Foto Profil yang Baik

Sertakan foto profil yang baik dan profesional pada CV kamu. Pastikan foto tersebut tidak terlalu kecil atau terlalu besar dan tidak mengandung unsur yang tidak pantas.

14. Sertakan Kontak yang Dapat Dihubungi

Sertakan kontak yang dapat dihubungi seperti nomor telepon dan alamat email pada CV kamu. Pastikan nomor telepon dan alamat email yang kamu cantumkan masih aktif dan dapat dihubungi.

15. Hindari Kesalahan Gramatikal

Pastikan CV kamu bebas dari kesalahan gramatikal. Hindari penggunaan kata-kata yang salah dan pastikan tata bahasa dan ejaan sudah benar.

16. Jangan Gunakan Foto yang Tidak Pantas

Hindari menggunakan foto yang tidak pantas pada CV kamu. Foto yang digunakan haruslah foto yang baik dan profesional.

17. Gunakan Format yang Mudah Dipahami

Gunakan format yang mudah dipahami oleh pembaca. Hindari penggunaan format yang terlalu rumit dan sulit dipahami.

18. Buat CV yang Tepat Waktu

Pastikan CV kamu dibuat tepat waktu dan sesuai dengan deadline yang diberikan oleh pihak perusahaan. CV yang terlambat dapat membuat kamu kehilangan peluang untuk diterima di perusahaan yang kamu lamar.

19. Perbarui CV Secara Berkala

Perbarui CV kamu secara berkala agar dapat mencerminkan kemampuan dan pengalaman kamu yang terbaru. Sertakan informasi-informasi penting yang belum ada pada CV kamu sebelumnya.

20. Mintalah Pendapat Orang Lain

Mintalah pendapat orang lain tentang CV kamu. Orang lain dapat memberikan masukan yang berguna untuk meningkatkan kualitas CV kamu.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa tips tentang cara membuat surat daftar riwayat hidup yang baik dan menarik. Pastikan kamu membuat CV yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang kamu lamar dan sesuai dengan kenyataan. Jangan lupa untuk memeriksa kembali tata bahasa dan ejaan sebelum mengirimkan CV kamu ke perusahaan yang ingin kamu lamar. Semoga tips ini dapat membantu kamu dalam membuat CV yang baik dan menarik!