Cara Membuat Surat Resign Perusahaan

Kenapa Harus Membuat Surat Resign?

Hello Sobat SinarNarasi, dalam dunia kerja, kita pasti akan mengalami situasi di mana kita harus meninggalkan perusahaan tempat kita bekerja. Terlepas dari alasan yang membuat kita harus resign, membuat surat resign adalah hal yang penting untuk dilakukan. Surat resign berfungsi sebagai tanda bukti formal bahwa kita telah memberikan pemberitahuan ke perusahaan bahwa kita berhenti bekerja. Selain itu, surat resign juga berguna sebagai dokumentasi karier yang dapat membantu kita dalam proses mencari pekerjaan di masa depan.

Bagaimana Cara Membuat Surat Resign yang Baik?

Sebelum kita membahas tentang langkah-langkah membuat surat resign, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat tersebut:

  1. Pastikan surat resign dibuat dengan format yang baik dan benar.
  2. Pilih kata-kata yang sopan dan profesional.
  3. Jangan mengungkapkan rasa tidak puas secara terbuka dalam surat resign. Lebih baik sampaikan secara langsung kepada atasan atau HRD.
  4. Jangan lupa untuk memberikan ucapan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan oleh perusahaan.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat surat resign yang baik:

1. Bagian Pembuka

Pada bagian pembuka surat resign, kita perlu menyatakan bahwa kita berencana untuk resign dan memberikan informasi mengenai tanggal terakhir kita bekerja di perusahaan. Contohnya seperti ini:

Kepada Yth,

Nama Atasan/HRD

Di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama Lengkap

Posisi Kerja

Di Perusahaan

Dengan ini mengajukan permohonan untuk mengakhiri pekerjaan saya di perusahaan ini. Saya akan mengakhiri masa kerja saya pada tanggal XX-XX-XXXX.

2. Bagian Isi

Pada bagian isi surat resign, kita perlu mengemukakan alasan mengapa kita memutuskan untuk resign dan memberikan apresiasi terhadap perusahaan dan rekan kerja. Contohnya seperti ini:

Saya memutuskan untuk resign dari perusahaan ini karena ingin mencari pengalaman baru dalam karier saya. Saya sangat berterima kasih atas kesempatan yang telah diberikan oleh perusahaan ini untuk bekerja dan berkembang. Selama bekerja di perusahaan ini, saya belajar banyak dan memiliki pengalaman yang berharga. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan kerja yang telah bekerja sama dengan saya selama ini.

3. Bagian Penutup

Pada bagian penutup surat resign, kita perlu memberikan ucapan terima kasih dan menyatakan kesiapan untuk membantu dalam proses transisi. Contohnya seperti ini:

Sekali lagi, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada perusahaan ini dan rekan-rekan kerja atas pengalaman dan kesempatan yang telah diberikan kepada saya. Saya siap membantu dalam proses transisi dan menyelesaikan tugas-tugas yang masih harus diselesaikan sebelum tanggal akhir kerja saya.

Demikian surat resign ini saya buat dengan sebenar-benarnya hati. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.

Penutup

Nah, itulah langkah-langkah cara membuat surat resign yang baik dan profesional. Selalu ingat untuk membuat surat resign dengan format yang benar, sopan, dan profesional agar tidak menimbulkan kesalahpahaman dan kerugian bagi kedua belah pihak. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat SinarNarasi yang sedang mempersiapkan surat resign.