Contoh Cara Buat Surat Pernyataan

Surat Pernyataan? Apa Itu?

Hello Sobat SinarNarasi! Bagi kamu yang pernah mengikuti sebuah lomba, seleksi, atau pendaftaran apapun, pasti pernah mendengar tentang surat pernyataan. Surat pernyataan merupakan surat yang berisi pernyataan dari seseorang yang menegaskan bahwa apa yang ia tulis adalah benar adanya. Surat pernyataan juga sering digunakan sebagai syarat untuk memenuhi persyaratan dalam pendaftaran suatu lembaga atau acara.

Tahapan Membuat Surat Pernyataan

Tahapan pertama dalam membuat surat pernyataan adalah menentukan jumlah paragraf yang akan dibuat. Kemudian, kamu dapat menentukan isi dari tiap paragraf. Kami akan memberikan contoh cara buat surat pernyataan berdasarkan 20 paragraf yang cukup lengkap sebagai panduan untuk kamu.

Paragraf 1 – Awalan

Pada paragraf pertama ini, kamu dapat memberikan informasi tentang siapa yang akan membuat surat pernyataan, dan untuk apa surat pernyataan tersebut dibuat.

Paragraf 2 – Identitas Diri

Pada paragraf kedua, kamu dapat memasukan identitas diri (nama, tempat tanggal lahir, alamat, nomor telepon, email) sebagai penulis surat pernyataan.

Paragraf 3 – Pengenalan Acara/Lomba/Seleksi

Pada paragraf ketiga, kamu dapat menjelaskan tentang acara/lomba/seleksi yang kamu ikuti. Sebutkan nama acara/lomba/seleksi, tujuan acara/lomba/seleksi, dan informasi dasar tentang acara/lomba/seleksi.

Paragraf 4 – Kepatuhan Aturan

Pada paragraf keempat, kamu dapat memastikan bahwa kamu telah membaca dan memahami seluruh aturan acara/lomba/seleksi, serta berjanji untuk mematuhinya.

Paragraf 5 – Kepatuhan Waktu

Pada paragraf kelima, kamu dapat memastikan bahwa kamu akan hadir tepat waktu pada acara/lomba/seleksi, serta siap untuk mengikuti semua tahapan yang ada.

Paragraf 6 – Kepatuhan Tugas

Pada paragraf keenam, kamu dapat memastikan bahwa kamu akan menyelesaikan semua tugas yang diberikan dan mengikuti semua persyaratan yang diminta.

Paragraf 7 – Kepatuhan Etika

Pada paragraf ketujuh, kamu dapat memastikan bahwa kamu akan menjunjung tinggi etika dan moral yang berlaku, serta siap menerima konsekuensi yang akan diberikan apabila melanggar etika dan moral tersebut.

Paragraf 8 – Kejujuran

Pada paragraf kedelapan, kamu dapat memastikan bahwa kamu akan bersikap jujur dalam setiap tahapan acara/lomba/seleksi, serta siap menerima konsekuensi yang akan diberikan apabila terbukti melakukan kecurangan.

Paragraf 9 – Tanggung Jawab

Pada paragraf kesembilan, kamu dapat memastikan bahwa kamu akan bertanggung jawab atas segala tindakan dan keputusan yang kamu ambil selama acara/lomba/seleksi, serta siap menerima konsekuensi yang akan diberikan apabila terbukti melakukan kesalahan.

Paragraf 10 – Permohonan

Pada paragraf kesepuluh, kamu dapat meminta kepada pihak penyelenggara acara/lomba/seleksi untuk mempertimbangkan surat pernyataan yang kamu buat sebagai salah satu pertimbangan dalam proses seleksi.

Paragraf 11 – Penutup Awal

Pada paragraf kesebelas, kamu dapat memberikan ucapan terima kasih kepada pihak penyelenggara acara/lomba/seleksi yang telah memberikan kesempatan untuk kamu bisa mengikuti acara/lomba/seleksi tersebut.

Paragraf 12 – Pengakhiran Acara/Lomba/Seleksi

Pada paragraf kedua belas, kamu dapat memberikan informasi mengenai pengakhiran acara/lomba/seleksi, mulai dari waktu pengumuman hasil, hingga informasi terkait hadiah yang akan diberikan.

Paragraf 13 – Konfirmasi Kehadiran

Pada paragraf ketiga belas, kamu dapat memberikan informasi bahwa kamu akan mengkonfirmasi kehadiran kamu sebelum acara/lomba/seleksi dimulai.

Paragraf 14 – Kesediaan Kontak

Pada paragraf keempat belas, kamu dapat memberikan informasi bahwa kamu siap dihubungi apabila ada informasi tambahan atau perubahan terkait acara/lomba/seleksi.

Paragraf 15 – Kesediaan Wawancara

Pada paragraf kelima belas, kamu dapat menyatakan bahwa kamu siap untuk diwawancarai oleh pihak penyelenggara acara/lomba/seleksi, apabila diperlukan.

Paragraf 16 – Kesediaan Berpartisipasi

Pada paragraf keenam belas, kamu dapat memberikan informasi bahwa kamu akan bersedia untuk berpartisipasi dalam acara/lomba/seleksi dengan sepenuh hati.

Paragraf 17 – Keterbukaan Informasi

Pada paragraf ketujuh belas, kamu dapat memberikan informasi bahwa kamu bersedia untuk memberikan informasi tambahan apabila diminta oleh pihak penyelenggara acara/lomba/seleksi.

Paragraf 18 – Penutup Akhir

Pada paragraf kedelapan belas, kamu dapat memberikan ucapan terima kasih yang kedua kalinya kepada pihak penyelenggara acara/lomba/seleksi, serta menutup surat pernyataan dengan kalimat yang lugas dan jelas.

Paragraf 19 – Tanda Tangan

Pada paragraf kesembilan belas, kamu harus menambahkan tanda tangan dan tanggal di bawah kalimat penutup.

Paragraf 20 – Lampiran

Pada paragraf kedua puluh, kamu dapat memberikan lampiran-lampiran yang dibutuhkan, seperti fotokopi KTP, fotokopi ijazah, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Nah, itulah contoh cara buat surat pernyataan yang bisa kamu jadikan panduan. Ingat, dalam membuat surat pernyataan, kamu haruslah jujur dan melengkapi semua persyaratan yang diminta. Jangan lupa, agar surat pernyataan yang kamu buat dapat diterima, pastikan untuk mengecek kembali tata bahasa, ejaan, dan tanda tangan yang kamu berikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan, dan sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.