membuat contoh surat

Hello Sobat SinarNarasi,Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat contoh surat yang baik dan benar. Surat adalah salah satu bentuk komunikasi tertulis yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Ada banyak jenis surat yang berbeda-beda tergantung pada tujuan dan konteksnya. Namun, meskipun berbeda jenis, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat yang baik dan benar.

Jenis-jenis SuratSebelum memulai membuat surat, penting untuk mengetahui jenis-jenis surat yang ada. Beberapa jenis surat yang sering digunakan antara lain surat lamaran kerja, surat permohonan, surat kuasa, surat pribadi, dan surat resmi. Setiap jenis surat memiliki format dan gaya penulisan yang berbeda, oleh karena itu penting untuk mengetahui jenis surat yang akan ditulis sebelum memulai penulisan.

Langkah-langkah Membuat SuratSetelah mengetahui jenis surat yang akan ditulis, berikut adalah langkah-langkah dalam membuat surat:1. Tentukan format suratSeperti yang telah disebutkan, setiap jenis surat memiliki format penulisan yang berbeda. Misalnya, surat lamaran kerja biasanya menggunakan format semi-blok, sementara surat resmi umumnya menggunakan format blok. Pastikan untuk menentukan format yang sesuai dengan jenis surat yang akan ditulis.2. Tentukan tujuan suratSebelum memulai penulisan, tentukan terlebih dahulu tujuan surat. Apakah surat akan digunakan untuk memohon sesuatu, memberikan informasi, atau mengajukan suatu permintaan? Dengan mengetahui tujuan surat, penulis dapat menentukan bahasa dan gaya penulisan yang sesuai.3. Buat daftar penerimaJika surat ditujukan untuk seseorang atau sekelompok orang tertentu, buat daftar penerima surat. Pastikan untuk mencantumkan nama dan alamat yang lengkap agar surat dapat sampai tepat pada sasaran.4. Tulis salam pembukaSalam pembuka adalah kalimat yang digunakan untuk menyapa penerima surat. Misalnya, jika surat ditujukan kepada seseorang yang belum dikenal, maka salam pembuka yang tepat adalah “Saudara/i” atau “Kepada Yth.”. Namun, jika surat ditujukan kepada seseorang yang sudah dikenal, maka salam pembuka yang lebih personal seperti “Halo” atau “Assalamu’alaikum” dapat digunakan.5. Tulis isi suratSetelah menentukan salam pembuka, tulislah isi surat dengan jelas dan terstruktur. Pastikan untuk menggunakan bahasa yang sopan dan mudah dipahami oleh penerima surat. Gunakan kalimat yang singkat dan padat agar surat tidak terlihat terlalu panjang dan membosankan.6. Beri penutupSetelah menulis isi surat, berikan penutup yang sesuai dengan tujuan surat. Misalnya, jika surat digunakan untuk memohon sesuatu, maka beri penutup dengan kalimat seperti “Saya harap permohonan saya dapat dipertimbangkan dengan baik”. Jangan lupa untuk menambahkan tanda tangan dan nama lengkap di bawah penutup.7. Cek kembali suratSebelum mengirim surat, pastikan untuk mengecek kembali kesalahan penulisan dan ketidakakuratan dalam format. Jika perlu, minta bantuan orang lain untuk membaca surat dan memberikan masukan.

Contoh Surat Lamaran KerjaSebagai contoh, berikut adalah contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar:Nama LengkapAlamatNo. TeleponEmailNama PerusahaanAlamat PerusahaanKota, TanggalKepada Yth.HRD PerusahaanAlamat PerusahaanDengan Hormat,Saya yang bertanda tangan di bawah ini,Nama LengkapAlamatNo. TeleponEmailBermaksud mengajukan lamaran kerja untuk posisi Marketing Executive yang saat ini sedang dibuka di perusahaan Bapak/Ibu. Saya adalah seorang lulusan dari Universitas ABC dengan jurusan Marketing. Selama kuliah, saya aktif di kegiatan organisasi dan telah mengikuti beberapa pelatihan dan sertifikasi di bidang marketing.Saya memiliki pengalaman bekerja di bidang marketing selama 2 tahun di perusahaan XYZ. Selama bekerja di perusahaan tersebut, saya telah sukses dalam meningkatkan penjualan produk yang saya tangani. Selain itu, saya juga memiliki kemampuan dalam melakukan riset pasar dan membuat strategi pemasaran yang efektif.Saya merasa tertarik dengan perusahaan Bapak/Ibu karena reputasi yang bagus dan kualitas produk yang dihasilkan. Saya berharap dapat bergabung dengan perusahaan Bapak/Ibu dan memberikan kontribusi yang positif bagi perusahaan.Terlampir dalam surat ini adalah CV saya dan beberapa dokumen pendukung lainnya. Saya siap mengikuti tahap seleksi lebih lanjut dan berharap dapat diberikan kesempatan untuk wawancara.Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sejujur-jujurnya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.Hormat saya,Nama Lengkap

KesimpulanMembuat contoh surat yang baik dan benar tidaklah sulit jika kita mengetahui langkah-langkahnya. Penting untuk menentukan jenis surat, tujuan surat, dan format surat yang tepat sebelum memulai penulisan. Selain itu, pastikan untuk mengecek kembali surat sebelum mengirimnya agar tidak terjadi kesalahan penulisan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat SinarNarasi dalam membuat surat. Terima kasih telah membaca!