Cara Membuat Surat Keterangan Kerja Sendiri

Apa itu Surat Keterangan Kerja?

Hello Sobat SinarNarasi, apakah kamu sedang mencari pekerjaan baru? Atau mungkin kamu sedang membutuhkan surat keterangan kerja untuk keperluan administratif lainnya? Nah, jika iya, kamu bisa membuat surat keterangan kerja sendiri, lho. Sebelum masuk ke bagaimana cara membuatnya, yuk kita bahas dulu apa itu surat keterangan kerja.

Surat keterangan kerja adalah surat resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan tempat kamu bekerja, yang berisi informasi tentang status kerja kamu di perusahaan tersebut. Surat ini biasanya diminta oleh instansi pemerintah atau lembaga keuangan sebagai salah satu persyaratan administratif.

Nah, jika kamu belum punya surat keterangan kerja atau ingin menggantinya yang sudah lama, kamu bisa membuatnya sendiri. Berikut adalah cara membuat surat keterangan kerja sendiri.

Langkah-langkah Membuat Surat Keterangan Kerja

Sebelum membuat surat keterangan kerja, pastikan kamu sudah mengetahui format surat yang biasa digunakan di perusahaan tempat kamu bekerja. Jika sudah, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Isi data diri kamu

Isilah data diri kamu dengan lengkap, seperti nama lengkap, tanggal lahir, dan alamat. Pastikan data yang kamu isikan benar dan sesuai dengan dokumen resmi yang kamu miliki, ya.

2. Isi data perusahaan

Selanjutnya, isilah data perusahaan tempat kamu bekerja, seperti nama perusahaan, alamat, dan nomor telepon. Jangan lupa juga untuk menyertakan logo perusahaan atau tanda tangan pengurus perusahaan, jika ada.

3. Isi data pekerjaan

Setelah itu, isilah data pekerjaan kamu, seperti jabatan, lama bekerja, dan gaji. Pastikan data yang kamu isikan benar dan sesuai dengan dokumen resmi yang kamu miliki, ya.

4. Tambahkan kata pengantar

Tambahkan kata pengantar yang berisi tujuan surat keterangan kerja kamu. Jelaskan secara singkat mengapa kamu memerlukan surat tersebut dan untuk keperluan apa surat tersebut dibuat.

5. Tambahkan kalimat penutup

Tambahkan kalimat penutup yang berisi ucapan terima kasih dan permintaan untuk ditanda-tangani oleh pihak perusahaan. Jangan lupa untuk menambahkan tanggal dan tempat surat dibuat.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, kamu sudah bisa membuat surat keterangan kerja sendiri. Pastikan surat yang kamu buat rapi dan jelas, ya.

Kesimpulan

Membuat surat keterangan kerja sendiri sebenarnya tidak sulit, asalkan kamu tahu format surat yang biasa digunakan di perusahaan tempat kamu bekerja. Dengan membuat surat keterangan kerja sendiri, kamu bisa mempercepat proses administratif yang memerlukan surat tersebut. Jangan lupa untuk membuat surat yang rapi dan jelas, ya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu, Sobat SinarNarasi.