Membuat Surat Resign yang Baik dan Benar

Hello, Sobat SinarNarasi! Apakah kamu sedang memikirkan untuk mengundurkan diri dari pekerjaanmu? Jangan khawatir, karena dalam artikel ini akan dibahas cara membuat surat resign yang baik dan benar.

Kenapa Penting untuk Membuat Surat Resign yang Baik?

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang bagaimana cara membuat surat resign yang baik dan benar, pertama-tama mari kita bahas mengapa hal ini penting. Surat resign yang baik dan benar adalah salah satu kunci untuk mempertahankan reputasi profesional kamu. Dalam surat tersebut, kamu dapat memberikan pengumuman secara formal kepada atasan dan rekan kerjamu bahwa kamu akan meninggalkan pekerjaan dan memulai babak baru dalam karirmu. Surat resign yang baik juga dapat membantu kamu untuk meningkatkan kesempatan untuk dipertimbangkan kembali dalam perusahaan tersebut atau menambah referensi untuk karirmu di tempat lain.

Langkah-langkah untuk Membuat Surat Resign yang Baik dan Benar

Berikut adalah beberapa langkah-langkah yang dapat kamu ikuti untuk membuat surat resign yang baik dan benar:

1. Tentukan Alasanmu

Sebelum kamu mulai menulis surat resign, tentukan alasanmu mengapa kamu ingin mengundurkan diri dari pekerjaan tersebut. Pastikan kamu menulis alasan yang jujur dan profesional. Alasanmu dapat berupa kesempatan karir baru, perpindahan lokasi, atau kebutuhan pribadi.

2. Pilih Waktu yang Tepat

Pilih waktu yang tepat untuk mengajukan surat resign. Sebaiknya kamu berbicara dengan atasanmu terlebih dahulu sebelum kamu memutuskan untuk mengajukan surat resign. Hal ini dapat membantu perusahaanmu untuk menyiapkan penggantimu dengan lebih baik.

3. Gunakan Format Surat yang Tepat

Surat resign harus menggunakan format yang benar. Mulailah dengan menuliskan tanggal dan alamat atasanmu di sebelah kiri atas surat, kemudian ikuti dengan salam pembuka, isi surat, dan salam penutup. Pastikan kamu menambahkan tanda tanganmu di bawah salam penutup.

4. Gunakan Bahasa yang Formal dan Jelas

Surat resign harus menggunakan bahasa yang formal dan jelas. Pastikan kamu menyatakan tujuanmu dengan jelas, memberikan ucapan terima kasih kepada perusahaan, dan memberikan informasi yang cukup mengenai pengunduran dirimu.

5. Hindari Menyatakan Hal-hal Negatif

Saat menulis surat resign, hindari menyatakan hal-hal negatif tentang perusahaan atau rekan kerjamu. Meskipun kamu memiliki pengalaman buruk, tetaplah profesional dan hindari menyakiti perasaan orang lain.

6. Berikan Informasi tentang Tanggal Terakhirmu Bekerja

Memberikan informasi tentang tanggal terakhirmu bekerja sangat penting. Hal ini dapat membantu perusahaanmu untuk menyiapkan penggantimu dan menyelesaikan tugas-tugas terakhir yang kamu tangani.

7. Berikan Bantuan untuk Menyelesaikan Tugas Terakhir

Jika memungkinkan, berikan bantuan untuk menyelesaikan tugas-tugas terakhirmu. Hal ini dapat membantu perusahaanmu untuk menyelesaikan proyek-proyek terakhir yang kamu tangani dengan lebih baik.

8. Berikan Saran untuk Penggantimu

Jika kamu sudah mengetahui siapa yang akan menggantikan posisimu, berikan saran kepada penggantimu tentang tugas-tugas yang biasanya kamu tangani. Hal ini dapat membantu penggantimu untuk beradaptasi dengan posisimu dengan lebih cepat.

9. Ucapkan Terima Kasih

Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada atasan dan rekan-rekan kerjamu. Hal ini dapat meningkatkan kesempatanmu untuk menambah referensi di tempat lain.

10. Cek Kembali Suratmu

Cek kembali suratmu sebelum kamu mengirimkannya. Pastikan tidak ada kesalahan tata bahasa atau penulisan yang dapat mempengaruhi kesan profesionalmu.

Contoh Surat Resign yang Baik dan Benar

Berikut adalah contoh surat resign yang baik dan benar:

Tanggal: 1 Januari 2022

Kepada Yth.,

Bapak/Ibu Pimpinan Perusahaan, PT. ABCD

Di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: John Doe

Jabatan: Marketing Manager

Dengan ini mengajukan pengunduran diri dari jabatan Marketing Manager di PT. ABCD, dengan alasan kesempatan karir baru. Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan pengalaman yang telah diberikan kepada saya selama bekerja di perusahaan ini.

Saya akan bekerja hingga tanggal 31 Januari 2022, dan siap membantu menyelesaikan tugas-tugas terakhir yang saya tangani. Saya juga ingin memberikan saran kepada penggantiku tentang tugas-tugas yang biasanya saya tangani:

1. Mengatur strategi pemasaran produk-baru

2. Mengelola tim pemasaran

3. Membuat laporan pemasaran

Sekali lagi, saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan pengalaman yang telah diberikan kepada saya selama bekerja di perusahaan ini. Saya berharap kita dapat berhubungan dengan baik dan menjalin kerjasama di masa depan.

Hormat saya,

(Tanda tangan)

John Doe

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa langkah-langkah untuk membuat surat resign yang baik dan benar. Pastikan kamu menulis surat tersebut dengan bahasa yang jelas, formal, dan tidak menyatakan hal-hal negatif. Jangan lupa untuk memberikan informasi tentang tanggal terakhirmu bekerja, memberikan bantuan untuk menyelesaikan tugas terakhir, memberikan saran untuk penggantimu, dan mengucapkan terima kasih kepada perusahaan dan rekan kerjamu. Semoga artikel ini dapat membantumu dalam membuat surat resign yang baik dan benar.