Mengetahui Estimasi Harga Tambah Freon AC  

Apa itu tambah freon AC? Diketahui freon adalah salah satu komponen penting yang ada di air conditioner. Freon merupakan jenis gas yang masuk dikategori tidak mudah terbakar dengan fungsi sebagai pendingin. Sensasi dingin yang dikeluarkan freon dihasilkan dari yang namanya proses penguapan berulang-ulang, untuk menciptakan udara sejuk lalu menyebar ke seluruh sistem AC yang ada di rumah. Freon ini memiliki massa di mana harus ditambah dan diisi. Harga tambah freon AC biasanya berbeda-beda tergantung dari jenis AC dan juga PK-nya.

Ketika freon AC dibiarkan habis tidak diisi ulang atau ditambah, maka cukup membahayakan bagi penghuni rumah apabila Anda memasang AC di rumah ataupun di ruangan lainnya. Ada beberapa bahaya yang timbul jika tidak segera menambah freon AC.

Harga Tambah Freon AC

Dibawah ini akan dijelaskan cukup detail mengenai harga tambah freon AC. Namun sebelumnya akan dijelaskan dulu apa saja kondisi yang bisa dilihat untuk mengetahui, bagaimana ciri-ciri freon habis dan perlu ditambah.

1. Biaya Listrik Semakin Membengkak

Tidak dipungkiri ketika memiliki AC maka anda harus siap dengan biaya listrik yang cenderung lebih tinggi. Namun jika biaya listrik Anda semakin membengkak dari hari ke hari, Anda bisa waspada bahwa itu merupakan ciri khas ketika freon AC habis.

Untuk orang awam yang tidak pernah menggunakan AC tentu saja mungkin tidak tahu bahwa freon bisa habis dan harus segera diganti atau diisi dan juga ditambah. Maka dari itu, untuk antisipasi agar pembengkakan tagihan listrik tidak terjadi Anda harus mengecek freon untuk mengetahui apakah perlu pergantian atau penambahan.

BACA JUGA  UNESCO Nilai Perawatan CANDI BOROBUDUR BELUM OPTIMAL

2. AC Tidak Dingin

Biasanya ketika perayaan perlu ditambah maka ciri khasnya adalah AC akan mengeluarkan udara yang hangat bahkan cenderung panas. Melakukan pekerjaan dengan menyerap panas dari udara rumah lalu mentransfernya keluar. Jika freon menghadapi masalah misalnya habis, maka tidak bisa menyerap udara panas secara maksimal dan akibatnya akan mengeluarkan udara panas pula. Ini menjadi ciri umum AC freon harus ditambah.

3. Adanya Bunga Es

Ciri lain mengetahui AC harus ditambah freonnya adalah adanya bunga es di AC dimana kondisi ini karena freon levelnya sangat rendah dan menyebabkan temperatur pada freon mengalami drop. Freon yang mengalami temperatur di bawah normal pada akhirnya akan memunculkan bunga es pada tempat freon dan juga muncul di selang evaporator.

4. Mengeluarkan Suara Bising

Yang terakhir ada juga ciri khas dari freon habis dan perlu ditambah adalah ketika AC mengeluarkan suara bising. Anda harus peka untuk mendengarkan suara bising dari AC, karena bisa jadi indikasi AC sudah kehabisan freon. Harus dipahami bahwa AC yang mengeluarkan suara bising adalah bagian outdoor AC.

Bising yang dikeluarkan ini bisa saja karena komponen freon menghindari gas. Suara bising ini juga bisa jadi indikasi bahwa terjadi kebocoran gas pada freon sehingga Anda perlu waspada.

Freon  tidak ditambah bisa membuat kerusakan pada AC dan juga mempengaruhi kualitas udara yang dihasilkan. Untuk Anda yang ingin tambah freon maka harga tambah freon AC, Anda bisa melakukannya lewat Sejasa. Besaran biaya menambah freon lewat Sejasa adalah mulai 150 ribu hingga 200 ribuan, biasanya tergantung pula pada jenis AC dan berapa besaran PK.

Selain tambah freon hingga isi freon, Sejasa juga menghadirkan para teknisi berpengalaman untuk service AC dan perbaikan kerusakan AC baik yang ringan maupun parah. Ada juga jasa service lainnya untuk produk-produk elektronik, informasi lebih lengkap bisa kunjungi aplikasi Sejasa.

BACA JUGA  Apartment Taman Anggrek: Apartemen Berkonsep Green Living yang Ada di Jakarta