Cara Buat Surat Pengunduran Dir

Kenapa Harus Membuat Surat Pengunduran Diri?

Hello Sobat SinarNarasi, apakah kamu pernah merasa tidak nyaman dengan pekerjaanmu saat ini? Atau mungkin kamu mendapatkan kesempatan yang lebih baik di tempat lain? Jika iya, maka kamu perlu membuat surat pengunduran diri. Surat pengunduran diri merupakan bentuk kesopanan dari seorang karyawan yang ingin berhenti dari pekerjaannya. Dalam surat pengunduran diri ini, kamu akan memberitahukan alasanmu berhenti dan memberikan informasi penting seperti tanggal terakhir kerja dan cara mengembalikan aset perusahaan.

Langkah-langkah Membuat Surat Pengunduran Diri

Sebelum membuat surat pengunduran diri, pastikan kamu sudah memutuskan untuk benar-benar berhenti dari pekerjaanmu saat ini. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buat surat dengan format formal

Surat pengunduran diri harus dibuat dengan format formal. Mulai dengan menyebutkan nama dan alamat perusahaan, kemudian alamat dirimu sendiri. Selanjutnya, tuliskan tanggal dan bulan saat surat itu dibuat.

2. Jelaskan alasanmu berhenti

Setelah menyebutkan pembukaan dengan format formal, kamu perlu menjelaskan alasanmu berhenti. Pastikan alasanmu jelas dan terbuka, namun tetap sopan dan tidak menyinggung perasaan pihak perusahaan.

3. Berikan informasi penting

Selain memberikan alasanmu berhenti, kamu juga perlu memberikan informasi penting seperti tanggal terakhir kerja dan cara mengembalikan aset perusahaan. Pastikan kamu memberikan informasi ini dengan jelas agar tidak terjadi kesalahpahaman.

4. Sampaikan rasa terima kasih

Terakhir, jangan lupa untuk menyampaikan rasa terima kasih pada perusahaan dan rekan kerjamu. Meskipun kamu berhenti, tetap jaga hubungan baik dengan perusahaan dan rekan kerjamu.

Contoh Surat Pengunduran Diri

Berikut adalah contoh surat pengunduran diri yang bisa menjadi acuanmu:

NamaAlamatKota, Tanggal Bulan Tahun

PerusahaanAlamat PerusahaanKota

Assalamualaikum Wr. Wb.

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan di bawah ini:

Nama Lengkap: ……..Posisi saat ini: ……..Divisi: ……..

Dengan ini mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai karyawan pada Perusahaan pada tanggal …….. Kemudian saya harapkan pada tanggal tersebut saya sudah dapat melepaskan semua tanggung jawab yang saya miliki terhadap perusahaan.

Sebagai penghormatan pada perusahaan, saya telah mengevaluasi keputusan yang saya ambil ini secara hati-hati dan saya yakin bahwa ini merupakan keputusan yang terbaik bagi kedua belah pihak. Saya menyadari bahwa keputusan ini mungkin akan memberikan kesulitan pada perusahaan dalam mengisi kekosongan yang saya tinggalkan. Oleh karena itu, saya siap membantu dalam hal apapun yang memungkinkan.

Terima kasih atas kesempatan yang diberikan pada saya untuk dapat bergabung di Perusahaan. Saya menyadari bahwa pengalaman yang saya dapatkan selama ini sangat berharga bagi pengembangan karir saya di masa depan. Semoga Perusahaan semakin maju dan sukses.

Hormat saya,

Nama Lengkap

Kesimpulan

Membuat surat pengunduran diri merupakan hal yang penting bagi seorang karyawan yang ingin berhenti dari pekerjaannya. Pastikan kamu membuat surat tersebut dengan format formal dan memberikan informasi penting seperti tanggal terakhir kerja dan cara mengembalikan aset perusahaan. Jangan lupa untuk menjaga hubungan baik dengan perusahaan dan rekan kerjamu meskipun sudah berhenti.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang membutuhkan panduan membuat surat pengunduran diri. Terima kasih telah membaca, Sobat SinarNarasi!