Cara Buat Surat Resign untuk Sobat SinarNarasi

Kenapa Harus Menulis Surat Resign?

Hello Sobat SinarNarasi, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat surat resign. Mungkin, di antara Sobat ada yang masih bingung dan ragu untuk membuat surat resign. Namun, sebenarnya surat resign sangat penting untuk memberikan tanda bahwa kita telah memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan yang sedang dijalankan. Dengan membuat surat resign, kita juga memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk mencari pengganti kita. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tahu cara membuat surat resign yang baik dan benar.

Bagaimana Cara Membuat Surat Resign yang Baik dan Benar?

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat surat resign yang baik dan benar:

1. Isi surat resign

Isi surat resign harus mencakup beberapa informasi penting seperti tanggal, nama perusahaan, alamat perusahaan, nama atasan langsung, dan juga alasan mengapa kita ingin berhenti dari pekerjaan tersebut. Pastikan untuk memberikan alasan yang jelas dan sopan dalam surat resign.

2. Gunakan bahasa yang sopan dan jelas

Pastikan bahasa yang digunakan dalam surat resign harus sopan dan jelas. Hindari menggunakan bahasa yang kasar atau tidak sopan dalam menyampaikan alasan kita berhenti.

3. Tunjukkan rasa terima kasih

Jangan lupa untuk menunjukkan rasa terima kasih pada perusahaan dan atasan langsung yang telah memberikan kesempatan kepada kita untuk bekerja di perusahaan tersebut.

4. Berikan tanggal pengunduran diri

Berikan tanggal pengunduran diri di surat resign. Sesuaikan dengan waktu yang diatur dalam kontrak kerja atau kesepakatan dengan perusahaan.

5. Mintalah surat keterangan kerja

Jangan lupa untuk meminta surat keterangan kerja sebagai bukti bahwa kita pernah bekerja di perusahaan tersebut.

6. Berikan tanda tangan dan nama

Terakhir, jangan lupa untuk memberikan tanda tangan dan nama pada surat resign sebelum diserahkan ke pihak perusahaan.

Contoh Surat Resign

Berikut ini adalah contoh surat resign yang bisa Sobat gunakan sebagai referensi:

[Nama]

[Alamat]

[Kota]

[Tanggal]

Kepada Yth.

[Nama Perusahaan]

[Alamat Perusahaan]

[Kota]

Perihal: Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Bersama ini, saya [Nama] mengajukan pengunduran diri dari pekerjaan saya sebagai [Jabatan] di [Nama Perusahaan]. Pengunduran diri ini akan efektif pada tanggal [Tanggal Pengunduran Diri].

Saya sangat berterima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh perusahaan dan atas bimbingan yang diberikan oleh atasan langsung saya selama ini. Saya juga berharap perusahaan dapat memahami keputusan saya ini dan saya akan berusaha untuk menyelesaikan tugas-tugas saya sebelum tanggal pengunduran diri tersebut.

Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih atas kesempatan dan pengalaman berharga yang saya dapatkan selama bekerja di [Nama Perusahaan].

Hormat saya,

[Nama]

Kesimpulan

Nah, Sobat SinarNarasi, itulah tadi cara membuat surat resign yang baik dan benar. Penting bagi kita sebagai karyawan untuk memberikan tanda bahwa kita telah memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan tersebut. Dengan membuat surat resign, kita juga memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk mencari pengganti kita. Semoga artikel ini dapat membantu Sobat dalam membuat surat resign yang baik dan benar. Terima kasih sudah membaca artikel ini.