Cara Membuat Surat Pernyataan Lewat HP

Kenapa Harus Membuat Surat Pernyataan?

Hello Sobat SinarNarasi! Apakah kamu pernah merasa perlu untuk membuat surat pernyataan tapi tidak memiliki waktu atau kesempatan untuk datang ke kantor notaris atau kantor pemerintah terkait? Jangan khawatir, sekarang kamu bisa membuat surat pernyataan lewat HP kamu sendiri. Surat pernyataan sering dibutuhkan untuk berbagai kepentingan, seperti pengajuan visa, pengajuan beasiswa, pembelian mobil, dan lain-lain. Dengan membuat surat pernyataan lewat HP, kamu bisa menghemat waktu dan tenaga.

Apa Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Surat Pernyataan?

Sebelum membuat surat pernyataan lewat HP, pastikan kamu sudah menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti identitas diri, bukti kepemilikan harta atau dokumen yang terkait dengan isi surat pernyataan. Selain itu, pastikan juga HP kamu sudah terkoneksi dengan internet dan aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word atau Google Docs.

Langkah-Langkah Membuat Surat Pernyataan Lewat HP

Berikut adalah langkah-langkah membuat surat pernyataan lewat HP:

1. Buka aplikasi pengolah kata

Buka aplikasi pengolah kata di HP kamu, seperti Microsoft Word atau Google Docs. Pastikan aplikasi tersebut sudah terinstal di HP kamu.

2. Buat dokumen baru

Buat dokumen baru dengan mengklik tombol “Buat Dokumen Baru” di aplikasi pengolah kata yang kamu gunakan.

3. Tentukan format surat pernyataan

Tentukan format surat pernyataan yang kamu inginkan. Format surat pernyataan biasanya terdiri dari judul, pembukaan, isi surat, penutup, dan tanda tangan. Kamu bisa mencari contoh format surat pernyataan di Google untuk referensi.

4. Isi surat pernyataan

Setelah menentukan format surat pernyataan, isi surat pernyataan sesuai dengan keperluan kamu. Pastikan isi surat pernyataan jelas, singkat, dan padat.

5. Edit dan perbaiki

Setelah selesai menulis surat pernyataan, edit dan perbaiki surat pernyataan tersebut agar terlihat lebih rapi dan mudah dibaca. Kamu bisa menggunakan fitur spell checker untuk memeriksa ejaan kata.

6. Tanda tangan

Setelah semua selesai, kamu bisa menandatangani surat pernyataan tersebut dengan menggunakan fitur tanda tangan digital atau menandatanganinya secara manual dan mengambil foto atau scan tanda tangan tersebut.

7. Simpan dan kirim

Setelah surat pernyataan selesai dibuat, simpan dokumen tersebut dan kirim ke pihak yang membutuhkan. Kamu bisa mengirim surat pernyataan tersebut melalui email atau aplikasi pesan instan seperti WhatsApp.

Kesimpulan

Membuat surat pernyataan lewat HP tidaklah sulit. Kamu hanya perlu menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, terkoneksi dengan internet, dan memiliki aplikasi pengolah kata di HP kamu. Dengan membuat surat pernyataan lewat HP, kamu bisa menghemat waktu dan tenaga. Jangan lupa untuk memperhatikan format dan isi surat pernyataan agar terlihat jelas dan mudah dibaca. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu. Terima kasih telah membaca artikel ini, Sobat SinarNarasi!